Mobil Toyota Terbaru Diluncurkan dalam Konsep Mobil Listrik

Posted on

Mobil Toyota terbaru saat ini kembali meluncur. PT Toyota Astra Motor memperkenalkan mobil yakni Toyota Kijang Innova dengan mesin listrik. Mobil ini hadir dengan nama Toyota Kijang Innova EV Concept. Tampaknya terlihat di ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 beberapa waktu lalu. Hadirnya mobil Toyota ini sebagai mobil listrik murni atau Battery Electric Vehicle (BEV) hasil karya insinyur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Mobil Toyota Terbaru Diluncurkan dalam Konsep Mobil Listrik
sukabumiupdate.com

Inilah Spesifikasi Mobil Toyota Terbaru dengan Konsep Mobil Listrik

Saat ini Anda masih dapat mengetahui sejumlah detail spesifikasi atau ubahan dari Toyota Kijang Innova EV Concept ini. Berikut ini adalah spesifikasinya.

Eksterior

Hal yang paling jelas terlihat yakni grille yang ada pada bagian depan. Tak lagi terdapat kisi-kisi sebagai tempat lewat udara untuk mendinginkan radiator mesin bakar. Grille baru ini tampak terbalut kelir yang sama dengan bodi, yakni Super White 2. Rumah fog lamps juga mendapatkan warna yang serupa. Posisi logo Toyota ini masih sama, namun kini memiliki tampilan warna biru seperti logo mobil elektrifikasi Toyota lainnya.

Pada bagian lampu depan atau utama bentuknya masih sama. Perbedaannya terdapat warna biru di bagian atas dan bawahnya. Sementara, bagian samping terdapat stiker berwarna biru dan hitam dengan grafis papan sirkuit elektronik sebagai detailnya. Tambahan logo EV yang terdapat di fender depan bagian kanan dan kiri, kemudian untuk stiker “Kijang Innova EV” berada di bagian bawah pilar C.

Lampu belakang mobil ini masih memiliki bentuk yang sama, namun bagian mika bening dan memiliki alis warna biru seperti lampu depannya. Logo Toyota warna biru dan emblem electric mempertegas status mobil listrik terbaru dari Toyota Kijang Innova EV.

Interior

Ubahan paling radikal pada bagian interior, pada konsol tengah yang biasanya menjadi tempat tuas transmisi. Saat ini sudah tidak terlihat lagi tuas transmisi. Sebagai gantinya yakni terdapat panel yang berisi sejumlah tombol untuk menggerakan mobil Toyota ini. Pada baris paling atas terdapat tombol dengan tulisan huruf D dan B. Sementara pada bagian bawahnya huruf N, dan paling akhir huruf R.

Untuk tampilan setir dan dashboard Toyota ini masih sama dengan model mesin bakar yang ada saat ini. Namun, saat melihat ukuran dan bentuk layar head unit Toyota ini cukup berbeda, terlihat lebih kecil dan sederhana. Bentuk joknya memiliki material pelapis berwarna putih dengan emblem EV di sandaran kepala (headrest). Untuk jok belakang menggunakan model captain seat seperti yang ada di Toyota Innova Venturer.

Mesin

Terlihat pada bagian tengah mobil Toyota terbaru ini terdapat sepasang kotak persegi panjang. Kotak tersebut menjadi letak baterai untuk menyimpan arus listrik di Toyota Kijang Innova EV. Perlu Anda ketahui bahwa di antara dua tempat baterai tersebut terdapat semacam got besar. Toyota Kijang Innova EV ini masih menggunakan penggerak roda belakang alias Rear Wheel Drive (RWD). Oleh karena itu, menyalurkan tenaga dari motor listrik yang ada di ruang mesin untuk memutar roda belakangnya.

Pada bagian kolong belakang Toyota ini masih dapat menjumpai gardan. Komponen yang hilang di kolong Toyota ini yakni sistem gas buang atau exhaust system. Anda tidak lagi menjumpai tangki bahan bakar (fuel tank), namun digantikan sebuah kotak berwarna hitam. Pada kotak tersebut terdapat sebuah komponen berwarna silver. Sementara konstruksi kaki-kaki atau suspensi Toyota ini tampak serupa dengan model bensin yang dijual saat ini.

Saat ini Anda dapat mengetahui spesifikasi mobil Toyota terbaru yang dipamerkan di IIMS 2022. Mobil listrik ini mendapatkan sejumlah ubahan sehingga berbeda dengan model bensin yang dijual saat ini.