Spesifikasi Toyota Corolla Cross, Ada Fitur Keselamatan!

Posted on

Toyota Corolla Cross, sudah pernah menjumpai mobil keren ini di jalan raya? Corolla Cross sendiri merupakan seri dari produksi pabrik mobil Toyota Jepang. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada 9 Juli 2020. Sedangkan di Indonesia sendiri, Corolla Cross baru resmi meluncur pada 6 Agustus 2020.

Spesifikasi Toyota Corolla Cross, Ada Fitur Keselamatan!
forbes.com

Simak Spesifikasi Toyota Corolla Cross, Pilihan Mobil Canggih dan Keren!

Toyota mengusung papan nama Corolla, sebagai alternatif yang jauh lebih praktis dan besar, jika Anda bandingkan dengan C-HR. Jenis ini dibangun di atas platform GA-C, yang kurang lebih persis dengan seri Corolla E210.

Di Indonesia, Corolla hanya memiliki 2 tipe yang bisa Anda pilih. Pertama Corolla Cross 1.8 A/T, dibekali dengan mesin bensin. Kemudian tipe yang ke 2 adalah Corolla Cross hybrid. Harga 2 tipe tersebut memiliki selisih yang lumayan, yakni Rp 458 juta dan Rp 498 juta.

Sekilas model Toyota Corolla dengan bahan bakar bensin dan hybrid tidak ada yang berbeda. Namun jika Anda cermati lebih detail, maka akan menemukan letak perbedaannya dari segi mesin, bentuk logo serta beberapa fitur eksterior dan interiornya.

Toyota Corolla dengan Bahan Bakar Bensin

Pada seri Toyota Corolla Cross berbahan bakar bensin menggunakan mesin 1.8L 2ZR-FE. Mesin bensin ini bisa menyemburkan tenaga hingga 138 hp, di putaran 6.400 rpm, torsi puncak 17.5 kgm hingga 4.000 rpm. Sedangkan sistem transmisinya otomatis jenis CVT.

Eksterior pada versi bensin didukung power moonroof, yang memungkinkan pengemudi maupun penumpang memandang luas ke luar kendaraan. Desain gril pada bagian depan sedikit tebal, dengan bentuk double trapezoid di setiap kisi-kisinya.

Terdapat rain sensor, yakni lampu kabut LED yang mampu membuat pandangan lebih terang ke depan.

Toyota Corolla Versi Hybrid

Toyota Corolla Cross memiliki mesin bensin dengan kode 2ZR-FXE. Kapasitasnya mencapai 1.798 cc 4-silinder DOHC menggunakan teknologi VVT-i. Mesin ini dibekali tenaga 96 hp serta torsi 14.5 Kgm. Versi hybrid jauh lebih efisien dan hemat bahan bakar. Selain itu emisi CO2 lebih minim dari versi bensin.

Dari hasil uji, Corolla Cross Hybrid mengkonsumsi bahan bakar per liter, untuk menempuh jarak perjalanan sejauh 23 hingga 25 kilometer. Fitur di versi ini hampir sama dengan Corolla bensin, yang membedakan hanya automatic power back door.

Fitur ini memudahkan pengguna memasukkan barang bawaan tanpa harus menyentuh handle pintu belakang. Lampu utama Corolla Cross hybrid memiliki desain sharp headlamp, bentuknya lebih ramping dan terdapat aksen biru di bagian bawah.

Fitur Keselamatan Toyota Corolla

Keselamatan serta keamanan pengguna tentu menjadi fokus utama. Corolla versi bensin maupun hybrid, sama-sama memiliki fitur keselamatan aktif dan pasif. Fitur tersebut antara lain rem ABS+EBD, 7 airbags, Hill Start Assist, Emergency Brake Signal hingga sensor parkir menggunakan kamera.

Wah, tentu sangat keren dan modern mobil Toyota Corolla Cross ini! Itu tadi ulasan lengkap tentang satu dari sekian banyak varian mobil Toyota, yang bisa Anda pahami. Semoga tulisan ini bermanfaat!